Selasa, 16 Februari 2010

Maintain Material Order Kontrak (JIT) Exceeded

Kebutuhan material / Equipment kontrak dalam suatu order, jika kebutuhannya melebihi ketersediaan maka harus dipartisi / klasifikasi jumlah order. Masukkan komponen sesuai jumlah ketersediaan spare part pada baris pertama beserta perangkat datanya. Kemudian kekurangan material tersebut dituliskan lagi pada baris kedua, dengan kode material yang sama dengan baris pertama, kemudian masukkan jumlah kekurangan material (Selisih antara jumlah kebutuhan dan jumlah ketersediaan). Dalam memasukkan material pada baris kedua ini ( jumlah kekurangannya ) yang akan dilakukan proses reservasi dari sistem, harus menghapuskan terlebih dulu nomor kontraknya (agreement number). Lebih jelasnya digambarkan dalam proses order sbb :

Contoh : buat order korektif (jenis WM) , di FL : KR-130-M010,




Sebagai contoh, komponen kontrak yang akan dipilih SM2990000020.
Kebutuhan material sebanyak 6 Ea. Ketersediaan di gudang 4 Ea. Maka sistem mengeluarkan information : QTY outline agreement defisit 2 Ea.



Selanjutnya ubah jumlah requirement qty (baris pertama) menjadi 4 (sesuai ketersediaan), kemudian masukkan kekurangan pada baris kedua (sesuai jumlah information defisit qty) 2 Ea



Hapus kontrak / agreement yang tertulis pada komponen baris ke dua (yang akan dilakukan order)



Save
Setelah di Save, akan terlihat bahwa kebutuhan material dibaris pertama Item Category (IC) nya adalah N (Non stock), sedangkan baris kedua Item Category menjadi L sehingga order material bisa dilakukan selanjutnya oleh Logistik.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar